Jumat, 26 November 2010

Harimau (Panthera), Riwayatmu Kini

Harimau, binatang yang berangka kuat dengan garis-garis loreng di badannya, sang raja hutan yang ditakuti harus menerima kenyataan pahit , ia dinyatakan sedang mengalami kepunahan. Spesies ini tak kuasa menghadapi predator yang lebih kuat dan beranak pinak dengan pesat yakni manusia, yang memburunya sebagai hiasan, obat kuat, serta merusak lahan habitatnya untuk ladang, intensifikasi kelapa sawit, indutri kayu, dan pemukiman.

Kucing besar ini adalah binatang territorial dan secara harfiah memerlukan lahan untuk dijelajahi. Para konservasionis harimau menyatakan untuk berburu, hidup, dan kawin, seekor harimau yang makan 20 sampai 30 kilogram daging sehari memerlukan sekurangnya 10 kilometer persegi hutan. Harimau muda jantan harus menemukan hutan perburuannya atau melakukan suksesi terhadap pejantan tua yang mampu dikalahkannya. Jika ia tidak mampu melakukan salah satu pilihan di atas, maka ia terpaksa menjelajah keluar hutan tutupan, merambahi ladang dan pemukiman. Hal ini menimbulkan konflik antara harimau dan manusia.

Menurut WWF dewasa hanya terdapat 3200 ekor harimau liar di seluruh dunia. Sebarannya terdapat di 13 negara dan terbagi ke dalam enam sub spesies yakni harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae), Belang/Malaya (Panthera Tigris Jacksoni), Bengal ( Panthera tigris bengalensis), Amur/Siberia (Panthera Tigris Altaica), Indochina (Panthera Tigris Corbetti) , China Selatan (Panthera Tigris Amoyensis). Harimau Sumatra yang tersisa tinggal 400 –an ekor atau 12 persen dari populasi harimau dunia.

Bicara tentang angka, jumlah 3200 ekor harimau adalah jumlah yang sangat kecil. Sebagai perbandingan jumlah total penduduk di desa Maguwoharjo, Depok-Sleman, Yogyakarta menurut statistik terakhir adalah 25.152, dan jumlah anak jalanan seantero Jakarta pada tahun 2008 mencapai 12.000 orang.

Hingga awal abad kedua puluh, masih terdapat Sembilan spesies harimau di Bumi. Tiga yang kemudian punah adalah harimau Kaspia , harimau Jawa ( Panthera Tigris Sondaica) dan harimau Bali (Panthera Tigris Balica). Harimau Kaspia yang dulu tersebar di Asia Tengah dinyatakan punah pada 1950. Harimau Jawa dinyatakah punah pada 1980-an. Sedang harimau Bali telah pupus pada 1937.

Orang Jawa secara tradisional sangat menghormati alam termasuk harimau. Harimau dipanggil Kyaine sebagai penghargaan. Akan tetapi karena pengaruh “ kebo bule” (Belanda), maka raja-raja Jawa yang merasa berterimakasih setelah dibantu memadamkan pemberontakan-pemberontakan (Trunojoyo dll) merasa rikuh untuk menolak desakan sementara orang Belanda yang ingin menyaksikan pertunjukan « adu macan ». Lahirlah kemudian « gropyokan macan » untuk menghibur mereka. Harimau di adu dalam kalangan dengan para prajurit bersenjata tombak dalam formasi mengelilinginya. Tentunya sang macan yang jadi korban. Selera orang « kulit putih » ini sudah berakar sejak lama. Dulu pada jaman Romawi Kuno, orang Romawi kerap menyelenggarakan pertarungan dalam arena antara harimau Kaspia diadu dengan gladiator atau binatang liar lainnya. Ketika Jawa sepenuhnya jatuh ke tangan kolonialis, harimau dibunuh secara intensif untuk melindungi kepentingan perkebunan Belanda yang menggerogoti hutan. Tahun 1872 sebuah kepala harimau yang terbunuh di Tegal, Jawa Tengah, dihadiahi 3.000 gulden.

Harimau Bali

Jika tidak punah, harimau Bali yang secara lokal disebut “samong” adalah juga sebuah kekayaan hayati yang tak ternilai harganya. Ia adalah harimau terkecil di dunia, yang terbesar adalah harimau Siberia. Berat harimau Bali jantan antara 90 sampai100 kilogram sedang betinanya antara 65 sampai dengan 80 kilogram. Ukurannya ini setara dengan ukuran seekor leopard atau macan tutul. Ukurannya ini adalah sebuah anomali, umumnya semakin menjauh dari katulistiwa semakin besar pula ukuran seekor harimau. Mungkin evolusi ini disebabkan ukuran pulau Bali yang kecil dan memiliki hewan buruan yang lebih terbatas.

Ia memiliki bulu yang pendek, dengan warna oranye gelap. Lorengnya lebih sedikit dari harimau Jawa dan Sumatra, namun diantara loreng-lorengnya terkadang ada tutul tutul kecil hitam. Kekhasan ini menyebabkan terkadang harimau Bali digambarkan memiliki loreng-loreng yang lebih rapat.

Seperti saudaranya harimau Jawa, kepunahan harimau Bali sebagian disebabkan oleh perburuan yang massif semasa zaman kolonial. Konon cara yang paling poluler untuk memburu harimau Bali adalah dengan menggunakan perangkap kaki begerigi dari besi dengan umpan seekor kambing atau menjangan. Jika telah terperangkap, ia kemudian dieksekusi dengan tembakan senjata api ke arah kepala dari jarak dekat. Hal ini kemudian diperparah dengan wisata perburuan gaya Inggris, Shikari, yang dilakukan oleh orang-orang Belanda yang datang ke Bali dari Jawa; dimana sejumlah pemburu mahir berburu harimau sebagai olahraga dengan panduan seorang “mir shirkar”, atau master pemburu yang seringkali direkrut dari suku atau orang pedalaman lokal yang mengenal daerahnya dengan baik.

Jika harimau Jawa secara resmi sudah dinyatakan punah, tidak demikian ceritanya jika kita bertanya kepada mereka yang hidup di sekitar hutan-hutan pula Jawa. Dengan mudah kita akan mendapatkan kesaksian tentang macan gembong ini. Tentang hal ini saya tidak akan menulisnya lebih lanjut karena jika dilacak di google akan mudah kita dapatkan artikel-artikel yang mempertanyakan kembali klaim kepunahan harimau jawa.

Harimau Bali terakhir yang berhasil diambil gambar fotonya adalah seekor harimau yang ditembak mati pada 1925 di Sumbar Kima, Bali Barat. Pada 27 September 1937, ia dinyatakan punah. Namun pada awal Agustus 2010, Bali dikejutkan oleh berita tentang serangan seekor harimau terhadap anjing dan ternak kambing milik warga di dekat hutan Siong, Slemadeg Tabanan- Bali Tenggara (Bali Post, Radar Bali,SCTV:Agustus 2010).

Menurut seorang warga dusun Dauh Siong, I Made Pariawan Mardika (37), ia telah melihat dengan mata kepala sendiri selama satu menit seekor harimau yang digambarkannya setinggi kira-kira satu meter, berwarna merah berpadu kuning berbelang hitam dengan berat badan sekitar 70 kilogram . Karena ketakutan ia pulang ke rumah, dua ekor anjing miliknya mengejar harimau yang berlalu menuju Hutan Lindung Blok Tukad Balian Palasari. Mereka tak pernah kembali dan kemudian ditemukan tewas dengan luka gigitan di leher.

Disusul dengan kesaksian Made Sumadi dari Banjar Nagasari, pada 5 Agustus, kaget ketika pulang ke rumah setelah memetik kakao, tidak mendapati kambing betinanya yang sudah bunting. Pencarian yang dilakukannya beserta sejumlah warga hingga alam ke hutan lindung tidak membuahkan hasil. Ia takut karena ia mendengar bahwa dua ekor anjing diterkam macan loreng di dusun tetangga Dauh Siong. Setelah melakukan pencarian kambingnya ditemukan tewas dengan luka gigit di leher, dan pantat berluabng-lubang di sebuah jurang 100 meter dari rumahnya.

Hingga kini, setelah beberapa bulan berlalu tidak ada berita lanjutan dari berita harimau hutan Siong ini.

Bila keterangan dari Pak Made benar, sepintas penggambarannya tentang harimau mirip dengan ciri-ciri harimau Bali di paragraf atas, ia menggambarkannya tidak terlalu besar dan berbulu merah bercampur kuning. Adakah maksudnya oranye gelap?

Karena penasaran, saya yang kebetulan karena profesi sebagai pemandu wisata, sering berada di daerah Selemadeg,dan seputaran taman nasional Bali Barat, kerap kalau suasananya tepat, bertanya kepada penduduk lokal tentang kemungkinan eksistensi harimau Bali. Ada yang menjawabnya dengan cerita bahwa seorang teman dari temannya pernah melihat “samong” dekat hutan Siong ketika memancing di sungai, ada yang mengaku pernah melihat jejak kakinya.

Cerita yang paling heboh adalah dari seorang juru mudi yang biasa membawa tamu snorkeling di pulau Menjangan, yang termasuk wilayah cagar alam. Ia mengatakan pernah makan di hutan masih dekat pantai pulau Menjangan. Ketika asyik makan, didengarnya suara auman harimau. Ia lari tunggang langgang ketakutan ke pantai. Ketika ia berpikir bahwa itu hanya halusinasi karena harimau sudah dinyatakan punah, ia beristirahat di pantai. Namun sekali lagi di dengarnya suara harimau. Karena kecapekan, lututnya tak bisa diajak lari, dan ia terdiam pasrah. Tapi setelah diperhatikannya suara geraman yang terus berulang ini berasal dari seekor burung jalak. Ia kemudian bertanya-tanya jika burung itu bisa menirukan suara harimau, dari siapa ia belajar menirukannya.

Ah, sekali lagi itu semua adalah cerita-cerita. Sampai sekarang tidak ada foto terbaru dari harimau Bali yang bisa jadi bukti otentik. Yang jelas , vegetasi Bali saya lihat semakin lama semakin tipis. Dan cerita-cerita tentang harimau Bali itu entah benar-atau tidak tetap menjadi kekayaan Bali. Kekayaan legenda, kekayaan klaim. Semoga saja memang masih ada harimau Bali di rimba sana…

Batuintan awal 11 2010

Oleh: G. Suyasa (Kompasianer)

sumber: kompasiana.com

Kamis, 25 November 2010

SMS siAlay dan siNggak Alay

A: ALAY

B: GAK ALAY


A = Alluw kag! Leh knal? Ap kBrx?


B = Wa’alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh…Dengan hormat, sampainya pesan ini, saya akan memberitahukan bahwa kabar saya baik-baik saja…. Maaf beribu-ribu maaf, Ini gerangan nomer siapa ya? Kok acap kali sms nomernya ga ke save ya? (bales sepanjang mungkin)


A = Owh ea muuph lupa ng@s1h s4L4m,,,, Ini EnDoet LuThuwna EmbeM C@ianK Cmu@na. Inged gag kag? Eh, kug blzna pjg bgd ch? Gi ng4ps?


B = Yaiyalah panjang…. Lagian ga dibayar perhurup inih! Gw lagi mabok nerjemahin kata2 lo nih. Keypadnya ilang2an ya? Oh elo…. Eh, siapa tadi? Tembem semua? Perasaan temen-temen gw kalopun ada yang tembem paling sebagian dipipi doang. Ga sampe seluruh badan dah.


A = Huft …Plz dund…bkn t3mb3m cmu4, tp ’emb3m c@iank cMuana’. W AD klaz xmp lw dlu. J4h@d bgd d3ch……fufufuuu :’(


B = Yeeee mana gw apal. Adek kelas gw kan ada banyak. Bayangin misal sekelas ada 25 murid cewe. Dikali 9 kelas. Nah, itung ndiri dah tuh ada berapa! Itu belom dari sekolah2 laen. Mereka kan gw anggep adek kelas gw semua walopun mereka ga nganggep gw. Coba? Masa iya gw apalin atu2. Lu kira gw petugas sensus! Eh itu sebenernya huruf ’a’ mau lo ganti apasih? Jadi angka 4 apa a keong (@)? Satu aja ribet apalagi dua gw bacanya. Plin-plan lo ah…


A = Ea mu’uph kag…. Abzn udh kbi@s44n kag. Jng mrh dund… hix… hix… Oh ea y.. Kn ad bnyk ea… muv dh muv.. Eh kag, w inged loh qt dlu prNh kut xkul PeNcak sLt bReng jG.


B= Jorok lo ah


A = Pencak SILAT kak!!!


B = Ooohhh…. Nah itu bisa nulis bener


A = Tp w kluwar paz 5aBuk quNink. Gag kwt. Uji4nna bRad bGd


B = Gw ga pernah ikut pencak silat. Gw ikut cheers. Yang dipaling atas formasi piramida kan gw. Lagi pula kalo gw ikut pencak silat, sabuknya ga muat.


A = Iyh yng bn3r kag? Bc4nd@ aj dh wkwkwkwkwkwkwkwkwk!!!


B = Etdah lo ketawanya serem amat kayak burung gagak.


A = Eh kag BTW n0m3r hpx kog ckep amad ch? Ky orangx


B = Nama gw bukan betawi.


A = Mksd w ’by the way’


B = Kenapa emang JALANnya?


A = OMONG-OMONG!!!!


B = Oh… ga tau nih.. Beruntung aja dapet nomer bgini


A = Dpt dri m4n4 kag?


B = Hadiah es orson. Penting amat


A = Kag kuq fesbukx lum d k0nfr1m?


B = Confirm! Bukan Kon-frim! Oh yang foto profilnya dari atas sambil manyun2 itu lo ya? Gw kira fanpage-nya Suneo. Belom-belom. Ntar deh kalo angel foto lo udah bener. Eh, unyeng2 lo ada 5 ya? Ampe keliatan. Banyak amat. Situ pake ekstensen unyeng2?


A = Iyh ka2g bC@nd4 aj@ dh. 1tukan age’ ngetrend kag futu dri @ta5. Mak1n gaG kli4t@n mukax, makin keyenz!


B = Yaiyalah. Gimana mau keren kalo muka lo keliatan. Coba dong sekali-sekali foto profilnya diganti pake fotokopi. Burem, perkecil, bolak-balik.gitu.


A = Mangx uj14n!


B = Biar ga keliatan muke lu. Katanya makin ga keliatan makin kerennn… Gw yakin asli lo ga sebagus di foto kan? Nih udah gw confirm. Eh, itu foto2 lo banyak banget yang jari tangan angka satu dimulut. Lagi ngelonin orok sapa lo? Astagaaaa.. Lo ga juling foto dari atas semua?


A = Gag. Udh b1aza k0g. Eh, kag mang gi onlen ea? Onlen d kul ap dihumz?


B = Eh kalo bahasa alaynya ”onlen di WC SPBU” apaan? Salah semua tuh option lo


A = Ih… kakak joyokkkk…


B = Kadir ga diajak?


A = Itu Doyok kaaaggg…. Yah, w lgi gaG onlen niyh kag. Cb klo qt sm” onlen, kn bs chat b4r3ng


B = Kita? Lo aja kali ama kawan2 lo. Lagian yang minta lo biar onlen sapeh?!


A = Hix..Hix…Jahad :’( Kag kug lum bubu siyh? Kn udh mlm. Mang lum ngantug ea?


B = Gw ga pernah ikut MLM deh


A = ’Malem’ Kag maksudx….


B = Udah gede ini. Lagian sembari ngelembur ngerjain tugas nih.


A= Cemangadh!


B = Hdagnamec


A = Paan tuch Kag???


B = Tulisan lo gw balik. Bingung gw nanggepin bahasa lo. Eh tulisan lo bisa di normalin dikit ga? Sedikiiit aja demi gw


A = Oh ea deh kag..


B = Eh, ko gw baca status-status lo semuanya ngambil dari lirik-lirik lagu ya??? Keabisan ide lo? Mana udah di ’Like’-in sendiri, trus ga ada yang comment pula.


A = Eaaa… Abisan w suka bgd kag sm lgu it. Co cweet bgd dech. It jga da lgu” knangan sm mantan w dlu


B = (Emang gw pikirin).


A = Ohiya kag! Bsk lusa jm 9 pgi d ”salah satu stasiun tv” nntn w ya!


B = Itu kan acara live musik itu kan?! Yang penontonnya satu panggung sama artis/bandnya. Trus sambil nari2 kompak banget dibelakangnya. Lo jadi artis toh sekarang? Grup band lo apa namanya? Salut gw. Pasti lo jadi vokalisnya ya? Apa lo soloist?


A = Bukan kag, gw jadi penontonx.


B = ???!!!!!!! (Keselek)


A = Ea, yng pnting msk tv kag! Gw ma rombongan udh nyiapin tarianx lho kag. Biar kompak nnti narix. Nama tarianx ”Ngucek-Jemur-Ngucek-Jemur”. Tau dund kag ky gmana. Gag ngaruh deh mw bandx apa aliranx apa.


B = Trus kalo bandnya metal gimana??? Masa lo mau tetep joget ”Ngucek-Jemur”?


A = Ya gag ap kag. Lgan band metal mah gag mgkin d hadirin kag. Kyk ga tau aja kag..


B = Yaudah deh, selamat joget ya. Kakak mo tidur dulu. Oia, besok lusa, pagi2 kakak ga bisa nonton situ joget ”Ngucek-Jemur”. Soalnya kakak sibuk mau bikin anyam2an sedotan. Babay!


A = Bye… Met bubu kag. Eh kag, ntr jm 2 bolax pa?


B = Hah?! Lo suka nonton bola pagi2 juga?


A = Yaelah bgadang nntn bola wajar x kag


B = Lo cowo apa cewe sih?!


A = Cow. Mang np?


B = Lah itu foto2 difesbuk?!


A = Itu mantan” w kag. Fto w d album ”Juzt Me”


B = ……………………………….


A = Kag?


B = Eh iya sori. Udahan dulu ya. Gw baru ngeliat UFO nih. Bye! 

sumber: sahabat kompasianer

Guru dan Karakter Bangsa

Upacara hari Kamis, 25 November 2010 terasa begitu spesial bagi saya. Pasalnya Upacara yang memperingati hari guru ini diakhiri pemberian sekuntum mawar merah dari siswa untuk sang guru. Hal ini tentu saja memberikan makna yang dalam bagi saya yang baru satu tahun satu bulan menjadi seorang guru. Ya terhitung bulan Oktober 2009 saya resmi menjadi seorang guru. Diiringi lagu himne guru merdu yang dinyanyikan anak-anak menhanyutkan suasana hati. Ya, sekarang saya seorang guru. Seorang guru.

Kata guru yang berasal dari bahasa sanskerta secara harfiahnya berarti "berat". Memang beban berat berada di pundak seorang guru, seorang pengajar suatu ilmu kepada anak-anak generasi penerus bangsa ini. Boleh jadi karakter bangsa Indonesia saat ini berawal dari bagaimana model pendidikan seorang guru dimasa lalu. Adakah yang salah dalam diri seorang guru yang menghasilkan manusia macam sekarang? Lihat saja mereka yang menjadi koruptor dulu pernah sekolah dan diajar oleh seorang guru. Mereka yang menjadi mafia hukum dulu juga pernah sekolah dan diajar oleh seorang guru. Oh guru, apa yang engkau ajarkan kepada mereka?

Sekuntum mawar merah dari siswa ini merupakan harapan dan ungkapan terimakasih. Harapan agar mereka menjadi manusia yang berguna. Harapan untuk mendidik mereka dengan akhlak mulia dengan penuh cinta. Harapan untuk memberikan contoh teladan yang baik bagi mereka. Harapan agar selalu sabar dalam mendidik dan membimbing mereka. Harapan agar terbangun insan cendekia seperti apa yang terdapat di akhir lirik himne guru.

Selamat hari guru… hidup guru…

Senin, 22 November 2010

Bahan Kimia Berbahaya Di Seitar Kita


Badan pengawasan bahan kemasan dan pengolahan limbah (Badan PEBALIM) telah mengeluarkan beberapa peringatan kepada para pengguna dan buku panduan pengolahan bahan kemasan bekas untuk para produsen. Diketemukan bahwa kemasan yang dipergunakan tidaklah aman setelah isi atau produk yang berada didalamnya telah dikonsumsi. Badan PEBALIM juga menemukan bahwa kombinasi makanan yang kita konsumsi juga dapat menimbulkan efek samping yang bersifat racun. PEBALIM mengharapkan setiap konsumen diharapkan selalu waspadalah terhadap produk-produk seperti :

* Botol Aqua bekas dan sejenisnya, * Makanan yg di bakar/asap, * Udang dan vitamin C, * Mie instan

1. BEKAS BOTOL AQUA dan sejenisnya

Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT, etc) dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastik botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol-botol ini mengandung zat-zat karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh di tempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai berulang-ulang, jangan memakai botol plastik.

2. SATE (Makanan yg di bakar/asap)

Kalau anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.

3. UDANG DAN VITAMIN C

Jangan makan udang setelah anda makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

4. MIE INSTAN

Untuk para penggemar mie instan, pastikan anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah anda mengkonsumsi mie instan, jika anda akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mie instan. Itu sebabnya mengapa mie instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker. Seseorang karena begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak, sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mie instan setiap hari. Akhirnya dia menderita kanker. Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mie instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.

5. BAHAYA DIBALIK KEMASAN MAKANAN

Kemasan makanan merupakan bagian dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Bagi sebagian besar orang, kemasan makanan hanya sekadar bungkus makanan dan cenderung dianggap sebagai “pelindung” makanan. Sebetulnya tidak tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan. Sebaiknya mulai sekarang anda cermat memilik kemasan makanan. Kemasan pada makanan mempunyai fungsi kesehatan, pengawetan, kemudahan, penyeragaman, promosi, dan informasi. Ada begitu banyak bahan yang digunakan sebagai pengemas primer pada makanan, yaitu kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Tetapi tidak semua bahan ini aman bagi makanan yang dikemasnya. Inilah ranking teratas bahan kemasan makanan yang perlu anda waspadai :

* Kertas Beberapa kertas kemasan dan non-kemasan (kertas koran dan majalah) yang sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) melebihi batas yang ditentukan. Di dalam tubuh manusia, timbal masuk melalui saluran pernapasan atau pencernaan menuju sistem peredaran darah dan kemudian menyebar ke berbagai jaringan lain, seperti: ginjal, hati, otak, saraf dan tulang. Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala 3 P, yaitu pallor (pucat), pain (sakit) & paralysis (kelumpuhan) . Keracunan yang terjadipun bisa bersifat kronis dan akut. Untuk terhindar dari makanan yang terkontaminasi logam berat timbal, memang susah-susah gampang. Banyak makanan jajanan seperti pisang goreng, tahu goreng dan tempe goreng yang dibungkus dengan koran karena pengetahuan yang kurang dari si penjual, padahal bahan yang panas dan berlemak mempermudah perpindahnya timbal makanan tsb. Sebagai usaha pencegahan, taruhlah makanan jajanan tersebut di atas piring.

* Styrofoam Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styren ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut juga mampu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih aman, serta ringan. Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter(EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

Selasa, 16 November 2010

Foto Puncak Kegiatan Haji 1431 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H , Selamat Menunaikan Ibadah Haji, Semoga Menjadi Haji Mabrur

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jemaah haji sedang shalat di komplek Masjidil Haram Mekah

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jemaah haji sedang shalat di Masjidil Haram

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H

Jemaah haji sedang shalat di Masjidil Haram

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jemaah haji sedang shalat di Masjidil Haram

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jemaah haji berziarah di gua Hira, tampak di puncak Jabal Noor

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jemaah Haji disekitar Masjidil Haram

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jiarah di Gua Hira yang sangat bersejarah bagi kaum muslim

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Jiarah di Gua Hira yang sangat bersejarah bagi kaum muslim

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Tampak dari atas sekitar 3 juta jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan ibadah haji tahun ini

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Tampak kegiatan renovasi disekitar Mekah

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H
Petugas keamanan Arab Saudi mengamankan ritual Haji

Foto Puncak Ibadah Haji 1431 H

Seorang pria berdoa di puncah Jabal Noor tak jauh dari Kota Mekah




sumber :http://ruanghati.com/2010/11/16/foto-foto-puncak-ibadah-haji-1431-h-edisi-mekah/

Jumat, 12 November 2010

Formasi CPNS Jateng Untuk guru Biologi 2010

Sabtu, 13 November 2010 merupakan hari pertama di umumkan CPNS Daerah Provinsi Jateng. Pendaftaran dilakukan secara online dan dibuka 16 November dan ditutup pada tanggal 25 November 2010. Formasi guru Biologi sendiri hanya terdapat dibeberapa daerah, Sukoharjo, Purworejo, Cilacap, jepara, Pati, Brebes dan Wonosobo. Bagi teman-teman yang ingin mengetahi informasi lebih lanjut silkan klik http://cpns.jatengprov.go.id/ sebelum mendaftar pastikan. siapkan KTP, No & Tgl IJASAH, IPK Transkrip Nilai, Alamat email yang masih aktif serta Pilihan INSTANSI & FORMASI JABATAN yang akan dilamar.


Formasi CPNS JAteng 2010 untuk guru Biologi

Kamis, 11 November 2010

Belajar Biologi Outdoor... Menyenangkan

oleh: Setiyo Prajoko

Belajar biologi menjadi menyenangkan ketika dilakukan diluar ruangan. Tidak ada dinding tembok yang membatasi, sejuk dan terkesan natural. Sesekali memang perlu untuk mencoba pembelajaran seperti ini. Saya melihat adanya perbedaan motivasi siswa ketika belajar di luar ruangan. Mereka begitu antusias dan memiliki motivasi yang tinggi untuk menerima materi pelajaran. Yang tadinya sering ngantuk di kelas pada saat pelajaran saya tidak melihatnya lagi ketika menerapkan pembelajaran outdoor ini.
Namun, bagaimanapun juga ada beberapa kelemahan juga yang perlu di cermati. belajar diluar ruangan menjadi daya tarik tersendiri sehinga banyak orang yang datang melihat/menyaksikan, hal ini dapat mengganggu pelajaran. Pusat perhatian siswa tertuju kemana-mana karena ditempat terbuka. Anda tertarik? silakan mencoba...

action... (siswa terlihat antusias)

Salah seorang siswa memberanikan diri untuk maju

siswa dan hasil pekerjaannya

Life Performance edCoustic di Solo Islamic Book Fair

oleh: Setiyo Prajoko
Selasa (10-11-10) sore jam 15.30 kuputuskan untuk pergi ke Solo. Niatnya sih ke Solo IBF namun sebenarnya pengen liat edCoustic tampil (hehe). akhirnya untuk kesempatan yang keduakali saya bisa menyaksikan Aden dan Aggy tampil life. Sebelumnya tahun 2009 pernah juga menyaksikan pada acara yang sama. Lirik-lirik lagu edCoustic kebanyakan pendekatan emosi, so alhasil yang nonton kebanyakan kaum hawa... ada yang berbeda di acara Solo IBF kali ini. Bertepatan dengan bencana meletusnya Gunung Merapi, Solo IBF menyelenggarakan Donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban. demikian pula personil edCoustic sampai berjalan menelusuri stand-stand untuk menemui pengunjung yang berbaik hati memberikan donasinya. nice momen lah pokoke...


edCoustic Life performance... (maklum dari jarak jauh pake photo hp)

video
menjadi diriku (edCoustic)

Belajar Dari Seekor Keledai

Suatu hari keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur. Hewan itu menangis dengan memilukan selama berjam-jam, sementara si petani memikirkan apa yang harus dilakukannya. Akhirnya, ia memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun (ditutup - karena berbahaya); jadi tidak berguna untuk menolong si keledai.Ia mengajak tetangga-tetangganya untuk datang membantunya. Mereka membawa sekop dan mulai menyekop tanah ke dalam sumur. Pada mulanya, ketika si keledai menyadari apa yang sedang terjadi, ia menangis penuh kengerian. Tetapi kemudian, semua orang takjub, karena si keledai menjadi diam. Setelah beberapa sekop tanah lagi dituangkan ke dalam sumur, si petani melihat ke dalam sumur dan tercengang karena apa yang dilihatnya. Walau punggungnya terus ditimpa oleh bersekop-sekop tanah dan kotoran, si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yang menimpa punggungnya turun ke bawah, lalu menaiki tanah itu. Sementara tetangga-tetangga si petani terus menuangkan tanah kotor ke atas punggung hewan itu, si keledai terus juga mengguncangkan badannya dan melangkah naik. Segera saja, semua orang terpesona ketika si keledai meloncati tepi sumur dan melarikan diri!

Kehidupan terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepadamu. Cara untuk keluar dari "sumur" (kesedihan, masalah, dsb) adalah dengan mengguncangkan segala tanah dan kotoran dari diri kita (pikiran, dan hati kita) dan melangkah naik dari "sumur" dengan menggunakan hal-hal tersebut sebagai pijakan. Setiap masalah-masalah kita merupakan satu batu pijakan untuk melangkah. Kita dapat keluar dari "sumur" yang terdalam dengan terus berjuang, jangan pernah menyerah!

Guncangkanlah hal negatif yang menimpa dan melangkahlah naik!Ingatlah aturan sederhana tentang Kebahagiaan :

1. Bebaskan dirimu dari kebencian serta iri dan dengki

2. Bebaskanlah pikiranmu dari kecemasan

3. Hiduplah sederhana

4. Berilah lebih banyak

5. Berharaplah lebih sedikit

6. Tersenyumlah, dunia akan terasa lebih damai

7. Banyaklah bersyukur dg apa yang kita peroleh

8. Berusaha lebih dekat dengan Tuhan

9. Memberi maaf baik kepada teman, musuh, maupun kepada DIRIMU SENDIRI

Seseorang telah mengirimkan hal ini untuk kupikirkan, maka aku meneruskannya dengan maksud yang sama. GUNCANGKANLAH!Entah ini adalah waktu kita yang terbaik atau waktu kita yang terburuk, sekarang inilah satu-satunya waktu yang kita miliki saat ini!"

oleh: Muryan Awaludin

Renungan kisah inspiratif (group facebook)




Rabu, 10 November 2010

Dalam Islam, Madonna Menemukan Kedamaian

Kelahiran dan kematian putrinya menjadi titik perubahan dalam hidupnya. Ketika tahu dirinya hamil, Madonna Johnson tahu bahwa ia akan menjadi orang tua tunggal. Jika karena bukan rasa cinta, pengabdian dan dukungan dari ibunya, Madonna mungkin tidak akan pernah bisa melewati semua persoalan hidupnya.

Namun Madonna harus kehilangan putri yang baru dilahirkannya. Pada usia 5 bulan, bayinya meninggal akibat "Sudden Infant Death Syndrome" (SIDS) yang dalam dunia kedokteran dikenal sebagai kematian tiba-tiba pada balita yang tidak diketahui penyebabnya. Kematian putrinya yang mendadak, membuat Madonna sangat berduka.

"Saya belum pernah mengalami rasa sakit seperti itu, panik dan merasa sangat hampa. Tapi saat pemakaman, saya mengatakan pada orang-orang bahwa saya percaya sepenuh hati Tuhan tidak akan memberikan rasa sakit jika Dia tidak memiliki sesuatu yang luar biasa untuk saya di masa depan, apa yang harus saya lakukan adalah tetap berada di jalan yang benar dan Tuhan akan menunjukkannya begitu saya siap," ujar Madonna mengenang saat pemakaman bayinya.

Ia mengungkapkan, ketika itu teman-temannya mengatakan bahwa ia akan bertemu dengan putrinya lagi kelak. Madonna menanyakan bagaimana orang tahu bahwa ia akan masuk surga? Hanya karena ia seorang Kristiani, tidak ada jaminan ia masuk surga apalagi ia bukan seorang Kristiani yang taat. Begitu banyak pertanyaan Madonna yang tak terjawab. Tanpa sadar ia mulai mempertanyakan soal "satu agama yang benar" yang bisa menjaminnya masuk surga untuk bertemu lagi dengan putrinya.

Madonna sejenak melupakan pertanyaan itu. Ia mendapat pekerjaan di sebuah bar di Indianapolis dan bertemu seorang perempuan yang kemudian menjadi sahabat baiknya. Temannya itu memiliki sejumlah bisnis, tapi bisnisnya tidak terlalu sukses. Suatu hari, temannya itu menanyakan apakah Madonna mau pergi ke Malaysia. Ia mengatakan butuh tenaga Madonna untuk membeli busana model Malaysia, membuat foto-fotonya dan mencari sesesorang yang bisa menangani ekspor impor. Tanpa pikir panjang, Madonna menerima ajaka temannya itu.

"Saya tiba di Kuala Lumpur di pertengahan bulan Ramadan. Saya belum pernah mendengar soal agama Islam dan tidak tahu bahwa Malaysia adalah negara Muslim. Saya melihat hampir semua perempuan menutupi kepalanya dengan kerudung bahkan dalam cuaca yang sangat panas. Saya juga menyaksikan bagaimana orang-orang berusaha bersikap baik pada saya," tutur Madonna.

"Seorang sahabat yang sangat spesial menjelaskan pada saya bahwa Malaysia adalah negara Islam, dan Muslim meyakini jika mereka berbuat baik pada orang lain, Allah akan senang dan akan memberikan pahala bagi mereka di Hari Akhir nanti," sambungnya menirukan penjelasan sahabat spesialnya.

Di sisi lalin Madonna melihat sisi negatif Islam, seperti pandangan orang-orang yang sebenarnya tidak banyak tahu tentang Islam. Ia lalu membeli beberapa buku Islam, termasuk Al-Quran dan mulai mempelajari Islam. Banyak pertanyaan yang diajukannya tentang ajaran Islam, misalnya; mengapa perempuan harus menutup seluruh tubuhnya kecuali tangan dan wajah, mengapa muslim sangat bahagia dan mau berpuasa sepanjang siang hari, mengapa ada orang mau berlapar-lapar dan itu membuat mereka bahagia? Madonna merasa tidak ada orang yang bisa berbahasa Inggris dengan baik untuk menjelaskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya itu, sehingga Madonna memilih untuk mencarinya dalam Al-Quran.

"Semakin saya mendalami agama Islam, saya makin sering bertanya-tanya apakah ini jalan untuk bertemu dengan putri saya, apakah agama ini akan membawa saya ke surga?" imbuh Madonna.

Ganjalan terbesar bagi Madonna tentang Islam adalah perbedaan konsep Yesus (Nabi Isa) dalam Kristen dan Islam. Ia membayangkan betapa sulitnya menjelaskan pada keluarganya soal perbedaan itu. "Saya punya persoalan di sini, haruskah saya mengambil tantangan ini ... menjadi seorang muslim dan berjalan menuju surga? Atau saya menolak kebenaran yang telah saya yakini dalam hati hanya karena takut akan penentangan dari keluarga dan teman-teman saya ... dan hanya untuk tinggal di neraka selama-lamanya?" hati Madonna masih risau.

Pikiran apakah ia seharusnya segera masuk Islam atau tidak membuatnya merasa gelisah setiap hari. Bagi Madonna, keputusan itu tidak mudah. Islam bukan agama paruh waktu, seorang muslim sejati tidak mempratekkan Islam satu kali seminggu. Islam adalah agama yang menyeluruh dengan tantangan dan perjuangan yang berat, tapi juga memberikan banyak keindahan. "Makin banyak Anda belajar dan memahami (Islam), semakin Anda menyadari bahwa Anda hanya harus memulai sebuah langkah, yang membuat Anda harus berusaha keras dan belajar lebih banyak lagi," ungkap Madonna.

Dan sampailah ia pada suatu hari dimana ia dengan mantap mengatakan,"Ok, saya yakin, saya akan masuk Islam" dan sejak itu segala keresahan dan kegundahannya sirna. "Alhamdulillah. Semua rasa pedih yang saya alami di masa lalu, termasuk rasa sakit akibat kematian putri saya, semuanya sirna. Tak ada lagi mimpi buruk dan saya merasakan kedamaian yang luar biasa," tandas Madonna.

Madonna mengunjungi PERKIM, sebuah organisasi muslim di Malaysia dan ia di sana ia mengucapkan dua kalimat syahadat. "Hati saya diliputi kedamaian dan rasa cinta pada Allah Swt. Alhamdulillah," tukasnya.

"Tentu saja tantangan masih menghadang. Menjadi seorang muslim bukan berarti saya tidak menghadapi masalah. Tapi menjadi seorang muslim, saya punya solusi atas semua persoalan yang menghampiri saya, dengan mengikuti jalan kebenaran, jalan Islam. di ujung jalan ini, terbentang surga, ada putri saya dan banyak kenikmatan lainnya."

"Segala puji bagi Allah Swt. yang telah membawa saya ke dalam kebenaran dan atas rahmat-Nya yang telah menjadikan saya seorang muslim," tandas Madonna.

Selasa, 02 November 2010

10 Hal Yang Tak Terbeli Dengan Uang

Uang, siapun butuh uang. Orang Dewasa, Remaja bahkan anak – anak kecil sekalipun kenal dengan benda yang namanya uang. Memang uang penting dalam kehidupan, tanpa alat tukar ini kita tidak mukin bisa memenuhi kebutuhan hidup. Uang membuat sebagian orang bisa melakukan banyak hal daripada orang yang tidak memilikinya. Tetapi seberapapun pentingnya uang, masih ada hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.

1. Waktu
Uang tidak akan bisa mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, maka waktu 24jam tersebut akan hilang dan tidak akan mukin akan kembali lagi. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menytakan perhatian dan kasih sayang anda kepada orang yang sangat anda sayang dan anda cintai, sebelum waktu itu berlalu dan anda menyesalinya.

2. Kebahagiaan
Memang kedengarannya aneh, Tetapi inilah kenyataannya. Uang memang bisa membuat anda merasa senang karena anda bisa membiayai liburan mewah, memberi laptop dengan fasilitas yang sangat modern, atau modifikasi mobil balap. Tapi uang tidak bisa menghadirkan secercah kebahagiaan dari dalam lubuk hati kita.

3. Kebahagiaan Anak
Untuk membelikan makan dan pakaian yang bagus – bagus untuk anak tercinta memang membutuhkan uang. Tapi anda tidak bisa menggunakan uang untuk memberi rasa aman, tanggung jawab, sikap yang baik serta kepandaian pada anak anda. Hal ini merupakan buah dari waktu dan perhatian yang anda curahkan untuk mereka dan hal – hal baik yang anda ajarkan. Uang memang membantu kita memenuhi aspek pengasuhan, tapi waktu telah membuktikan bahwa kebutuhan dasar tiap anak adalah berapa banyak waktu yang diberikan orangtuanya, bukan orangnya.

4. Cinta
Cinta tidak bisa dibeli dengan uang, akuilah hal ini benar. Memang dengan uang kita bisa membuat orang tertarik, tapi cinta berasal dari rasa saling menghargai, perhatian, berbagi pengalaman dan kesempatan untuk berkembang bersama. Itu sebabnya banyak pasangan yang menikah karena uang, tak bertahan lama.

5. Penerimaan
Untuk diterima oleh lingkungan pergaulan, Anda tak butuh uang. Bila Anda ingin diterima, fokuskan energi Anda untuk membuat diri Anda berharga bagi lingkungan sekitar dengan menjadi teman dalam suka dan duka.

6. Kesehatan
Kita butuh uang untuk mengongkosi biaya perawatan dan membeli obat, tapi uang tak bisa menggantikan kesehatan yang hilang. Itu sebabnya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati sebaiknya kita terapkan. Mulailah berolahraga, berhenti merokok, dan banyak hal lain yang pasti sudah Anda tahu.

7. Kesuksesan
Beberapa orang memang ada yang mencapai kesuksesan dengan menyuap, tapi ini adalah pengecualian. Kesuksesan hanya berasal dari kerja keras, kemauan, dan sedikit kemujuran. Ada aspek kecil dari usaha menuju sukses yang bisa didapatkan dengan uang, misalnya mengikuti pelatihan atau membeli peralatan, tapi sukses lebih banyak berasal dari usaha yang Anda lakukan sendiri.

8. Bakat
Kita dilahirkan dengan bakat tertentu. Dengan uang, yang bisa kita lakukan adalah mengasah bakat tersebut, misalnya belajar musik. Namun para ahli mengatakan, untuk menjadi ahli di bidangnya, kita membutuhkan bakat.

9. Sikap yang baik
Banyak orang yang kaya raya tapi sikapnya kasar dan ucapannya sinis. Tak sedikit orang sederhana yang tutur katanya sopan dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain. Jadi, jumlah uang yang dimiliki bukan penentu sikap atau manner seseorang.

10. Kedamaian
Bila uang bisa membeli kedamaian, barangkali kita tak lagi mendengar tentang perang. Justru yang sering terjadi sebaliknya, uang lah yang menjadi sumber pertikaian dan permusuhan.

TAMBAHAN DIKIT

Money can buy a house, but not a home.
Money can buy a bed, but not sleep.
Money can buy a clock, but not time.
Money can buy a book, but not knowledge.
Money can buy food, but not an appetite.
Money can buy position, but not respect.
Money can buy blood, but not life.
Money can buy medicine, but not health.
Money can buy sex, but not love.
Money can buy insurance, but not safety.

sumber:.co.cc