Senin, 27 Februari 2012

Selamat Jalan Akhmad Fajar...

Akhmad Fajar (alm)
Pagi ini Selasa 28 Februari 2012 sangat cerah. Namun kecerahan itu sirna melihat wajah guru-guru yang berduka setelah mendengar kabar meninggalnya salah satu alumni SMA N SBBS Akhmad Fajar (innalillahi wainailaihi rajiuun). Berita ini pun tersebar melalui akun teman-temannya di jejaring sosial. Informasi yang saya baca melalui jejaring sosial (yudhi Sulistya alumni XII A), dia meninggal hari Senin malam karena sakit paru-paru. Rencananya siang ini ba’da Shalat Dhuhur guru beserta siswa akan melakukan Sholat ghaib untuk (alm) Akhmad Fajar. 

Akhmad Fajar (alm) bagi saya adalah anak yang pendian namun pandai. Nilai mata pelajaran biologinya lumayan bagus, dia pernah mendapatkan nilai 91 pada ulangan harian biologi. Selain itu prestasinya yang tidak kalah membanggakan adalah lulus SMAN SBBS dengan rata-rata nilai semua mata pelajaran 8.6. Hebatnya nilai murni Ujian Nasional 2011 Bahasa Indonesia 8.80, Bahasa Inggris 8.00, Matematika 8.75, Kimia 9.25, dan Biologi 8.50. 

Setelah mendengar kabar duka ini, saya teringat pada dokumen yang berisi kesan dan pesan yang pernah ditulisnya. Kala itu hari terakhir pelajaran biologi, saya menyuruh semua siswa untuk menuliskan kesan dan pesan mereka selama belajar biologi dengan saya. Berikut ini adalah pesan dan kesan yang dituliskan (alm) Ahmad Fajar untuk saya:
pesan dan kesan yang pernah di tulis Akhmad Fajar
 Pesan dan kesan singkat ini berisi ucapan terima kasih, permintaan maaf dan motivasi. Sebelumnya dia menuliskan beberapa pokok bahasan materi biologi yang belum dikuasai sebelum Ujian Nasional. Kala itu memang semua siswa saya suruh menuliskan pokok bahasan materi biologi yang belum dimengerti untuk kemudian dibahas bersama-sama. Alhamdulillah dengan perjuangannya, akhinya dia mendapatkan nilai UN murni mata pelajaran biologi yang memuaskan. 

Akhirnya, kita menyadari umur manusia hanya Allah yang tahu. Kabar duka ini menjadi peringatan dan hikmah bagi kita semua untuk terus meningkat iman dan taqwa kita kepad Allah, Tuhan semesta alam. Kita doakan semoga almarhum diterima amal ibadahnya dan diampuni segala dosa-dosanya. Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan kesabaran.
------ selamat jalan Ahmad Fajar -------

Salam 
Guru Biologi

6 comments:

Anonim mengatakan...

semoga diterima disisi Allah SWT, amin..

seroja mengatakan...

semoga mendapat tempat terbaik disisiNya. orang yang menyayanginya diberi ketabahan kesabaran. dan semua yang mengenalnya dapat mengambil hal baik dari alm sebagai pelajaran hidup

Setiyo Prajoko mengatakan...

@anonim & seroja: aamiin

Nusem mengatakan...

Semoga amal dan ibadah teman kita diterima disisinya,
beliau adalah sahabat yang tanpa celah, selalu ada disaat teman2 membutuhkan
Mungkin Allah rindu akan kehadirannya sehingga beliau dipanggil disisiNya secepat ini
Doa kami selalu menyertaimu teman :)

Anonim mengatakan...

amin

Therapunk mengatakan...

amiiin

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !