Kamis, 21 Juli 2011

Mengunakan iPad untuk Pembelajaran di kelas

mempraktikan iPad sebagai media pembelajaran

Seperti yang kita ketahui bahwasanya pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama bidang ICT sangat pesat. Demikian pula perkembangan pada komputer dari waktu kewaktu. Perangkat yang ditemukan pada abad ke 21 ini mengenalkan pada kita pada dunia digital. Pada jaman dahulu komputer memiliki ukuran besar, terpisah antara komponen-komponennya seperti CPU, keyboard, mouse dan monitor. Seiring dengan perkembangan teknologi sampai saat ini kita mengenal istilah notebook atau laptop yang lebih prakstis dan ringan. Berkembang lagi laptop untuk fungsi internet dikenal istilah netbook. Masih belum puas dengan netbook, membuat orang berpikir dan merancang komputer yang jauh lebih praktis multifungsi yang dikenal dengan istilah komputer tablet. Komputer tablet dikenalkan pertamakali oleh salah satu perusahan ICT besar Apple yang mengeluarkan produknya berupa iPad.

Sedemikian hebatnya perkembangan Iptek terutama pada dunia digital berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat di berbagai bidang termasuk pada dunia pendidikan. Dimulailah pembuatan perangkat-perangkat sebagai media pembelajaran berbasis ICT untuk membantu dunia pendidikan khususnya pada kegiatan pembelajaran. Demikian pula komputer tablet iPad juga terdapat fasilitas yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dikelas. Hanya membutuhkan perangkat converter output HDMI supaya bisa tersambung ke LCD Projector. Alhasil kita bisa melihat tayangan iPad di layar yang disorot oleh LCD. Banyak sekali aplikasi yang dapat di unduh secara gratis untuk pembelajaran lengkap semua mata pelajaran. Aplikasi di buat secara menarik dan elegan dari berbagai tingkat sekolah dasar samapai perguruan tinggi. Selain itu, iPad juga dilengkapi fasilitas aplikasi untuk menggambar atau melukis, juga ada aplikasi blackboard untuk menulis sperti kita menulis di papan tulis asli.

Adanya kelebihan iPad untuk pembelajaran ini langsung ditangkap oleh kepala SD Negeri RSBI Jaten 3, Karang Anyar, Jawa Tengah. Dengan bekerjasama dengan PINTAR INSTITUT mencoba mengembangkan kurikulum RSBI berbasis iPad. Mereka mengadakan workshop pengembangan silabus berbasis aplikasi program iPad untuk mata pelajaran sains dan matematika. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2011 itu menghadirkan pembicara dari PINTAR INSTITUT dan diikuti oleh seluruh guru. Mereka sangat antusias mengikuti workshop tersebut. “pengalaman yang bagus dapat mengikuti workshop ini, jadi tidak gaptek, alhamdulillah juga dapat pengalaman menggunakan iPad untuk mengajar” ujar seorang peserta saat ditanya kesan mengikuti workshop ini. Selain mereka mendapatkan informasi tentang pengembangan kurikulum, mereka juga mendapatkan pengalaman dari mencoba sendiri menggunakan iPad untuk mengajar. Hasil pengembangan silabus tersebut akan digunkan untuk pembelajaran tahun ajaran 2011/2012.

PINTAR ISNTITUT merupakan lembaga konsultan pendidikan yang dibentuk oleh mahasiswa Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Adalah Dr. Sutanto,S.Si.,DEA seorang pakar Teknologi Informasi yang menjabat sebagai Kepala Puskom UNS sebagai konsultan utama. Lembaga ini menyediakan jasa konsultasi pendikan termasuk pengembangan kurikulum SSN, RSBI dan SBI baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Untuk mengebangkan kurikulum RSBI dan SBI PINTAR INSTITUT mengadopsi kurikulum berbagai Negara seperti Kanada, Australia, Singapura, Inggris, Amerika dan lain-lain. Bagi yang berminat untuk sharing atau konsultasi tentang pengembangan kurikulum RSBI maupun SBI bisa menghubungi 085640758116 (Yanuar).

Majulah Pendidikan Indonesia

3 comments:

rubby mengatakan...

maen IPad gmn y... pinjemi jo...xixixi..
biar bs aplikasiin jg...

Setiyo Prajoko mengatakan...

hehe... boleh-boleh sini...

Hery Azwan mengatakan...

Buku teks Facil dari penerbit Grafindo kini dapat dibeli di iPad via Wayang Force

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !