Minggu, 24 Oktober 2010

Juara 1 Biology Teaching Competition

Oleh : Setiyo Prajoko
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah, Rabb penguasa alam semesta. Pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2010 saya menjadi juara pertama Biology Teaching Competition . Kompetisi ini diikuti enam orang finalis dari penjuru Jawa Tengah yang lolos seleksi dari sekian RPP yang masuk ke Panitia. Kompetisi ini diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Unnes. Adapun kegiatannya adalah melakukan pengajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun menggunakan bahasa Indonesia. Peserta akan dinilai oleh tiga orang dewan juri yaitu, Prof. Dr. Sri Mulyani E. S., M.Pd, Drs. Krispinus Kedati P., M.Si dan Dra Retno Sri Iswari, M.S. penilaian dilakukan pada:
1. Kesesuaian pengajaran dengan RPP
2. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
3. Sikap ilmiah
4. Kecakapan dalam mengajar
5. Tampilan media
pada waktu pengumuman sore itu terasa dengan jelas, aliran adrenalin dari korteks adrenal yang membuat jantung berdebar kencang. Satu persatu juara disebutkan dari peringkat tiga, dan akhirnya.... nama saya terakhir disebutkan sebagai juara pertama. Juara kedua di Raih oleh Ibu Puji Astuti, S.Pd dari SMA N 1 Kudus dan juara ketiga diraih oleh Ibu Rissa Aggraini, S.Pd dari SMA Kristen YSKI Semarang.
Pada kesempatan ini saya mengajar materi invertebrata, dengan judul RPP Belajar Invertebrata bersama SpongeBob Squarepants. Saya mencermati pada film Spongebob memiliki tokoh-tokoh yang notabene adalah hewan invertebrata yang hidup di laut. Spongebob sendiri adalah contoh spesies Filum Porifera, Gary dan Squidward adalah contoh spesies dari Filum Mollusca, Patrick adalah contoh spesies dari Echinodermata, Jelly Fish adalah contoh spesies dari Cnidaria dan Tn Scrabs adalah contoh spesies dari Arthropoda. Spesies invertebrata yang kebanyakan hidup di dasar air laut sehingga sangat jarang siswa dapat menjumpainya. Akibatnya siswa menjadi asing terhadap materi ini. dengan metode pendekatan film spongebob yang sudah populer dikalangan siswa diharapkan keasingan materi ini dapat teratasi. Dalam lomba tersebut saya juga mempraktekan model belajar dengan Hypnoteaching untuk menambah motivasi serta menjaga semangat dan konsentrasi siswa. Semoga hasil ini dapat menjadi motivasi bagi saya khususnya dan teman-teman pembaca yang budiman untuk selalu berprestasi dan terus berprestasi.
Penyerahan Thropy oleh Prof. Dr. Sri Mulyani. E.S., M.Pd

"Action" ketika lomba

Dewan Juri sedang sibuk memberikan penilaian (Prof. Dr Sri Mulyani E.S, M.Pd (kiri), Dra. Retno Sri Iswari, M.Pd (tengah) dan Drs. Krispinus Kedati Pukan, M.Pd (kanan))

Para Finalis Biology Teaching Competition (BTC) 2010

5 comments:

dianchemistmaniz mengatakan...

Selamat pak Joko, teruslah berprestasi. Semoga q bisa ketularan juga.

Apni RF mengatakan...

suit..suit...wah seharusnya nraktir nih,,

Setiyo Prajoko mengatakan...

Dian, terimakasi...aamin saya yakin dian juga bisa...
Apni, hehe nraktirnya gmn ya...

Anonim mengatakan...

Hehe.. Hebat pak.. Di tingkatkan prestasinya.. Hehehe.. :D Jangan lupa traktiranya ya pak.. Hehehe.. :D..
Bagas

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah wa syukurillah...
barakallah...
smg istiqomah untuk senantiasa berkarya dengan apa yang telah diberikan-Nya,aamiin..
terus berkarya adalah salah satu wujud rasa syukur kepada-Nya

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !