Senin, 04 Oktober 2010

Salah Kaprah Bunga Bangkai



Bunga bangkai raksasa mekar di Kebun Raya Bogor pada akhir Januari 2010

Bunga rafflesia padma berhasil mekar di Bogor pada 20 Juni 2010, di luar habitat aslinya berkat kerja keras peneliti LIPI
Bungai Rafflessia Arnoldi

Padahal kedua jenis tanaman ini amatlah berbeda. Bunga bangkai memiliki daun dan batang, sedangkan bunga rafflesia hidup sebagai parasit pada inang tertentu tanpa batang dan daun.
*

DARI 170 jenis bunga bangkai di dunia, sekitar 25 jenis di antaranya terdapat di Indonesia.

*
Bunga Bangkai (Amorphollus titanium)

DALAM situs Botaniche Gärten Bonn, bunga bangkai raksasa (A titanum) yang merupakan bunga endemik Sumatra ini digunakan sebagai lambang botanical garden tersebut.

*

MENURUT peneliti asal University of Wisconsin, AS, Thomas C Gibson, ada sekitar 6.000 botanical garden dan arboretum di benua Eropa dan Amerika saja, yang mengoleksi bunga bangkai raksasa.

*

SEBUTIR biji bunga bangkai raksasa butuh waktu 20 hingga 40 tahun hingga berbunga untuk yang pertama kalinya.

*

POPULASI serangga penyerbuk bunga bangkai bisa jadi terkait pula dengan keberadaan bangkai binatang hutan. Jika lahan dibuka dan binatang besar semakin jarang, semakin berkurang pula jumlah bangkai dan serangga. Populasi bunga yang diserbuki pun semakin berkurang.

*

WARNA kelopak bunga bangkai raksasa selalu beragam dan tak pernah sama setiap kali mekar walau berasal dari umbi yang sama: merah hati, jingga, merah dadu, dan kehijauan. Sementara tongkolnya pun pernah muncul dengan warna keunguan, agak putih, serta kuning.

*

SESAAT sebelum mekar, suhu di dalam seludang yang belum terbuka bisa mencapai 50 hingga 60 derajat celcius, membuat bunga ini mengeluarkan asap di tengah dinginnya udara pegunungan.

*

SELAIN bau busuk, bau yang dihasilkan oleh bunga bangkai bercampur antara bau yang menyerupai kertas terbakar, amis ikan, telur busuk, bahkan bau harum maskulin.

*

SEBUAH UMBI A titanum yang pernah diselamatkan oleh Tim Peduli Puspa Langka di Bengkulu bobotnya mencapai 100 kilogram, sementara diameternya hampir sebesar roda mobil L300. Delapan orang mengaku kewalahan memindahkan umbi ini dari lahan yang dibuka untuk perkebunan kopi yang disiram herbisida untuk melenyapkan pepohonan serta rumput.

*

BUNGA BANGKAI raksasa tertinggi yang pernah mekar di Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, menjulang hingga 3,45 meter, hampir dua kali tinggi pria dewasa.

*

DI LUAR habitat aslinya, tumbuhan vegetatif (masa berdaun) yang memiliki ketinggian 3 hingga 4 meter bisa menghasilkan bunga setinggi sekitar 2 meter lebih. Yuzammi, seorang peneliti LIPI, pernah menemukan tumbuhan vegetatif yang ketinggiannya mencapai 6 meter di lereng hutan Sumatra.

orang sering salah mepersepsikan antara bunga bangkai yang ada di kebun raya bogor dengan yang ada di bengkulu. secara harfia kedua jenis tanaman ini memang menghasilakn bau yang sangat menyengat. namun terdapat perbedaan yang sangat mencolok dari kedua tanaman ini.
yang terdapat di kebun raya bernama latin Amorpothalus titanium sedangkan yang berada di bengkulu yautu bernama Raflessia arnoldi

2 comments:

Apni RF mengatakan...

emang baunya kayak bangkai beneran ya pak,,,udah pernah nyium,,,

Setiyo Prajoko mengatakan...

belum pernah nyium... yang jelas itu adalah cara tumbuhan untuk menarik polinator...

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !