Kamis, 15 September 2011

Inilah Sekolah Negeri Peraih Medali OSN X Terbanyak



1316133459229959592
SMP-SMA Negeri Sragen Bilingual Boarding School

Olimpiade Sains Nasiol (OSN) merupakan ajang kompetisi mata pelajaran bidang matematika, sains dan IPS paling bergengsi di tingkat nasional. Pada tahun ini OSN X dilaksanakan pada 12-16 September di Kota Manado, Sulawesi Utara. Duta pelajar dari Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum dengan memperoleh 74 medali yang terdiri atas 21 emas, 29 perak dan 24 perunggu. Pada tahun sebelumnya para pelajar Provinsi DKI Jakarta yang memperoleh gelar juara umum.
SMP-SMA N Sragen Bilingual Boarding School (SMP-SMA N SBBS) kembali menjadi sekolah negeri yang mendapatkan medali terbanyak pada OSN X. Pada Jenjang SMA, duta yang turut membawa Jawa Tengah menjadi juara umum ini memperoleh 9 Medali (6 perak dan 3 perunggu), sedangkan pada jenjang SMP memporeleh 2 Medali perak.
Sekolah yang baru berumur kurang dari empat tahun ini mengirimkan 12 siswa SMA dan 3 siswa SMP pada OSN X ini. Enam medali perak berhasil diperoleh Aprilio Bagas Sri W. (Biologi), M. Maulana S (Astronomi), Fataa Naufal (kebumian), Ludfi Hidayatullah (Kimia), Khairurizal Alfatdiyanto (Matematika), dan Dhanu Tri Kuswara (Ekonomi). Sedangkan tiga medali perunggu berhasil diperoleh Javier Arifuddin (Biologi), Adib Gani Sila (Fisika) dan Erwin Eko Wahyudi (Matematika).
Sebelumnya pada bulan juli lalu 2 medali perak berhasil dipersembahkan siswa SMP SBBS, Ahmad Tri Sugiarto (Biologi) dan Galih Endrayana (Fisika) dan Pada bulan Juni lalu 2 orang siswa, Luqman Fathurohim dan Farhan Nurkholid memperoleh medali Perunggu dalam Internastional Physics Olympiad (IPho) di Bangkok, Thailand.
Pada tahun Sebelumnya Sekolah kerjasama PASIAD Turki dengan Pemda Sragen ini juga memperoleh 11 medali pada OSN IX di Lampung. Banyaknya prestasi baik tingkat nasional maupun internasional yang diperoleh dengan umur yang masih muda membuat Sekolah ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sekolah termuda dengan prestasi terbanyak.
Saya sendiri sebagai guru biologi turut merasa bangga terhadap prestasi yang diperoleh siswa. “saya melihat mereka rajin latihan mengerjakan soal dan membaca, bahkan buku paket waktu saya kuliah dulu sudah lusuh merereka baca. Saya mengamati mereka juga rajin sholat Dhuha setiap pagi, berdoa dan rajin membaca Al-Quran. Inilah yang membuat mereka selain cerdas dalam ilmu juga menjadi sosok yang religius”.
OSN X diikuti 1.136 siswa terdiri atas jenjang SD, SMA, PKLK dasar, dan PKLK menengah. sedang jenjang SMP dilaksanakan terpisah pada bulan Juli lalu untuk persiapan para juara ke tingkat internasional. Siswa SD berlomba di bidang matematika dan IPA. Adapun siswa SMA berkompetisi di bidang matematika, komputer/informatika, fisika, biologi, kimia, astronomi, kebumian, dan ekonomi.
Para pemenang OSN ini selanjutnya akan dibina dan diseleksi untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional. "Bagi para juara peraih medali emas, medali perak, dan medali perunggu akan diseleksi kembali masuk training center untuk dipersiapkan pada olimpiade tingkat internasional," kata Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional dalam acara penutupan OSN X di Manado, Kamis (15/9/2011) malam.
Para juara I, II, dan, III berturut-turut meraih hadiah Rp 5 juta, Rp 4 juta, dan Rp 3 juta, serta piala dan sertifikat. Hadiah juga diberikan kepada juara harapan I, harapan II, dan harapan III. Masing-masing berturut-turut mendapat hadiah Rp 2,5 juta, Rp 2 juta, dan Rp 1,5 juta, serta piala dan sertifikat.

Semoga mereka menjadi bagian dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia. aamiin...

0 comments:

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !