Rabu, 23 Juni 2010

Wow, Sepeda Motor Berbahan Bakar Elpiji!


Sejumlah inovasi karya siswa dan produk-produk unggulan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (23/6/2010) hingga Jumat (25/6/2010) dipamerkan di Lamongan Plaza. Pengunjung bisa melihat 38 stan lembaga pendidikan dan 27 stan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan d i setiap kecamatan.

Salah satu karya inovatif dan unik siswa yang dipamerkan adalah sepeda motor bertenaga elpiji yang dipamerkan SMK Negeri 1 Sarirejo. Elpiji yang digunakan adalah ukuran 3 kilogram (kg) yang dipasang di bagian belakang tempat duduk di atas sebuah plat besi sebagai penguat agar tidak jatuh.

Aris, guru SMK Negeri 1 Sarirejo, menjelaskan, dengan elpiji ukuran 3 kg itu sepeda motor dapat menempuh perjalanan sejauh 400 kilometer dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. "Dengan bahan bakar ini polusi udara di Lamongan akan berkurang karena bebas asap," kata Agus di Lamongan, Rabu (23/6/2010).

Sementara itu, SMA BPPT Al Fatah menampilkan karya ilmiah siswa yang meraih penghargaan. Karya yang dipamerkan di antaranya aplikasi light emitting diode (LED) yang digunakan untuk budidaya chorella sebagai pakan ikan. LED yang digunakan berwarna merah dan biru untuk membantu proses fotosintesis. Karya tersebut meraih juara II tingkat nasional Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diadakan Poltek Pertanian Jember.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Mustofa Nur menjelaskan, 27 stan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan ikut berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan dengan menampilkan hasil kerajinan tangan, pangan, atau hasil karya untuk kemajuan pendidikan. Produk unggulan dari setiap kecamatan dikemas sedemikian rupa di tiap stan UPT Dinas Pendidikan. Selain itu, sebanyak 38 lembaga pendidikan memamerkan karyanya di halaman parkir belakang Lamongan Plaza, sedangkan 27 UPT Dinas Pendidikan menempati stan di lantai III Lamongan Plaza.

UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Maduran menampilkan kain tenun ikat parengan dan U PT Dinas Pendidikan Kecamatan Lamongan menampilkan lukisan karya siswa dan alat peraga pendidikan berupa dakon ajar. Dakon ajar ini bagian dari alat pengajaran mata pelajaran matematika.

sumber: kompas.com

0 comments:

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !