Senin, 06 Desember 2010

Spongebob-pun Jadi Media Pembelajaran

1291693659277341094

Spongebob dan Jelly Fish dijadikan Ikon Filum Porifera dan Cnidaria supaya siswa menjadi tidak asing.

Invertebrata adalah salah satu materi pelajaran biologi yang diajarkan pada semester dua di kelas X SMA/MA. Pada silabus mata pelajaran biologi, Standar Kompetensi (SK) untuk materi invertebrata adalah memahami manfaat keanekaragaman hayati dan Kompetensi Dasar mendeskripsikan ciri-ciri filum dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan (BSNP, 2006). Materi ini mempelajari tentang karakteristik dan manfaat hewan yang tidak memiliki tulang belakang baik yang hidup di darat maupun yang hidup dilingkungan perairan.

Pada kenyataannya materi invertebrata dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan kebanyakan isi dari materi ini menggunakan istilah ilmiah. Dalam mata pelajaran biologi, siswa dituntut untuk mengatahui dan memahami istilah ilmiah. Namun terlalu banyaknya istilah ilmiah dan belum populisnya istilah tersebut menyulitkan siswa belajar materi tersebut. Selain itu materi invertebrata dianggap sulit bagi siswa dikarenakan contoh spesies yang jarang dijumpai oleh siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi asing dan kesulitan dalam memahami materi tersebut. Di sisi lain metode guru dan penggunaan media pembelajaran pembelajaran yang kurang tepat juga turut andil dalam menyebabkan kesulitan siswa untuk menguasai materi ini. Padahal dalam mengajar IPA (Sains) membutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk agar siswa dapat memahami materi pelajaran.

Film Spongebob Squarepants merupakan film kartun yang digemari oleh anak-anak bahkan dewasa. Film animasi yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut ini menceritakan tentang kehidupan makhluk laut dengan tokoh utama Spongebob. Tokoh utama pada film ini terkesan konyol dan lucu memiliki sifat ceria, optimis dan selalu berprasangka baik kepada teman-temannya sehingga dapat memberikan hiburan tersendiri bagi penonton. Maka tidak heran kalau banyak anak-anak bahkan orang dewasa yang mengetahui dan gemar menonton film ini. Kalau kita mencermati tokoh – tokoh dalam film ini sebagian besar adalah contoh dari spesies invertebrata. Bahkan Spongebob yang menjadi tokoh utama dalam film ini merupakan contoh spesies dari Filum Porifera. Selain itu terdapat Mr. Crabs, Pattrick, Squidword yang merupakan contoh spesies invertebrata filum Arthropoda, Echinodermata dan Molusca.

LKS (Lembar Kerja Siswa)

Kita dapat membuat LKS berbasis Spongebob Squarepants. Tokoh dalam film Spongebob Squarepants dapat digunakan sebagai ikon spesies dari filum anggota invertebrata.

· Spongebob dijadikan ikon spesies dari filum Porifera

· Jelly Fish dijadkan ikon untuk anggota filum Cnidaria

· Squidward dan Garry dijadikan ikon spesies dari filum Moluska

· Mr. Crabs dijadikan ikon dari anggota filum Arthropoda

· Patrick Star dijadikan ikon spesies dari filum Echinodermata

Pembuatan LKS berbasis tokoh dalam film Spongebob Squarepants tersebut diharapkan siswa menjadi tidak asing dengan contoh spesies dari invertebrata. Hal ini dikarenakan siswa sendiri yang sudah populis dengan tokoh dalam film kartun tersebut. Dengan demikian siswa akan lebih mudah memahami dan menghafal contoh spesies dari hewan invertebrata. Setelah siswa memahami karakteristik dari masing masing spesies kemudian menganalisis kejanggalan-kejanggalan karakter tokoh dalam film tersebut yang tidak sesuai dengan karakter sesuai dengan aslinya.

penulis mendapat juara 1 Biology Teaching Competition di Universitas Negeri Semarang

penulis mendapat juara 1 Biology Teaching Competition 2010 di Universitas Negeri Semarang

Alhamdulillah dengan menerapkan model pembelajaran ini, penulis mendapatkan Juara 1 dalam Bi0logy Teaching Competition 2010 di Universitas Negeri Semarang.

1291693827454233156

Squidward dan Pattrick pun tidak ketinggalan


8 comments:

jojo mengatakan...

apek kak., lanjutkan !!!

Apni RF mengatakan...

haha,,lucu luc,,biologi banyak imajinasinya,,

Setiyo Prajoko mengatakan...

Jojo, lebih cepat lebih baik
Apni, kimia juga banyak imajinasinya... asal mau berpikir

Apni RF mengatakan...

emang pak,,hahah,,dasar aku ne ae sing gak imajenasi tingkat tinggi,,

Apni RF mengatakan...

iku kurang kucinge spombob pak,,

Cek Gu R12AL mengatakan...

kucing spongbob, ikn duri guru spongbob pun gak nongol....

Setiyo Prajoko mengatakan...

kalau Gary ada tapi kalau Mrs Puff itu bukan invertebrata...

inspiring your life! mengatakan...

ngomong2 itu nerempet2 masalah hak cipta gk ya hehe lanjutkan!

Posting Komentar

Ayo Dong Kasih Komentarnya Gan... !